Kontroversi WAGS di Euro 2016 Perancis

Kontroversi WAGS di Euro 2016 Perancis

Kontroversi WAGS di Euro 2016 Perancis

WAGS Euro 2016

Jelang Euro 2016 Perancis bulan Juni nanti, berbagai macam persiapan sudah dilakukan oleh 24 tim yang akan bertanding. Persiapan tak hanya terkait teknis di lapangan, tapi juga hal-hal di luar lapangan. Salah satu yang paling hangat adalah boleh tidaknya WAGS atau istri dan kekasih menemani para pemain di Perancis nanti.

Larangan WAGS untuk hadir di Perancis 2016 nanti memang sedang menjadi pemberitaan hangat di media-media Eropa. Beberapa tim sudah mengeluarkan sinyal untuk melarang pemainnya membawa istri atau kekasih mereka selama perhelatan Euro 2016.

Salah satu tim yang melarang istri dan kekasih pemainnya untuk datang ke Perancis adalah Wales. Pelatih timnas Wales, melarang WAGS dari pemainnya untuk datang ke Perancis. Kebijakan tersebut diambil agar pemain fokus ke Euro 2016 tanpa gangguan dari luar.

Chriss  Coleman menganggap, WASG para pemain bisa memecah konsentrasi pemain selama bertanding di Euro 2016. Hal itulah yang membuat Coleman membuat kebijakan bahwa WAGS pemain dilarang untuk mendampingi pujaan hatinya selama berada di Perancis.

Kebijakan serupa nampaknya juga akan diambil oleh timnas Inggris. Pelatih Inggris, Roy Hodgson memberikan isyarat untuk tidak memperbolehkan istri dan kekasih para pemain untuk datang ke Euro 2016 Perancis mendatang.

Sama seperti Coleman, Hodgson menganggap WAGS hanya akan memecah konsentrasi para pemain. Timnas Inggris memang kerap bermasalah dengan para WAGS. Salah satu yang paling heboh adalah ketika Piala Dunia 2002. Saat itu WAGS timnas Inggris dianggap sebagai biang kegagalan timnas Inggris ketika gagal di Piala Dunia 2002 Korea Jepang.

Hal berbeda datang dari kubu Republik Irlandia. Manajer timnas Irlandia, Roy Keane, mempersilahkan jika WAGS pemain akan ikut mendampingi para pemainnya. Menurut mantan kapten Manchester United tersebut, kehadiran WAGS bukanlah menjadi suatu masalah.

Namun Roy Keane akan membuat kebijakan yang sangat ketat agar tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan selama Euro 2016 nanti. Intinya, semua hal yang berkenaan dengan istri dan kekasih para pemain akan diatur sedemikian rupa oleh manajemen timnas.

Kontroversi mengenai boleh tidaknya WAGS ikut mendampingi para pemain di ajang Euro 2016 nanti akan terus bergulir. Hal ini tentu akan menambah warna warni perhelatan Euro 2016 Perancis nanti.