Bendera Catalan Dilarang, Barcelona Geram

Bendera Catalan Dilarang, Barcelona Geram

Bendera Catalan Dilarang, Barcelona Geram

Bendera Catalonia

Ketegangan terjadi jelang laga final Copa Del Rey yang mempertemukan Barcelona dan Sevilla di stadion Mestalla. Penyebabnya adalah pelarangan bendera Catalan masuk stadion saat pertandingan final berlangsung. Penyelenggara melarang pendukung Barcelona membawa bendera Catalan yang dianggap sebagai lambang pemberontakan dari Spanyol.

Reaksi keras dari kubu Barcelona langsung menyeruak usai pelarangan tersebut. Menurut kubu La Blaugrana, pelarangan itu sangat konyol. Offisial Barcelona akan sekuat tenaga untuk melawan pelarangan tersebut. Selama ini, bendera Catalan memang sering muncul ketika Barcelona sedang bertanding.

Di final Copa Del Rey tahun lalu, bendera Catalan juga muncul. Akibatnya, Barcelona dihukum oleh UEFA. UEFA sebagai otoritas tertinggi sepakbola di Eropa memang dengan tegas melarang lambang atau simbol politik muncul dalam sebuah pertandingan. Pelarangan bendera Catalan di final nanti atas prakarsa pemerintah Spanyol.

Kubu Barcelona langsung memberikan tanggapan terhadap pelarangan tersebut. Menurutnya, pelarangan tersebut adalah penyerangan terhadap kebebasan berekspresi. Dalam sebuah rilisan pers, Barcelona pun menanggapi hal tersebut.

“Dilarangnya bendera Catalan menurut pandangan kami adalah sebuah serangan terhadap kebebasan berkespresi dan kebebasan mengeluarkan ide dan opini secara bebas. Kami akan selalu melindungi cara berekspresi dari para pendukung kami yang selalu menunjukkan rasa hormat dan kemanusiaan yang tinggi,”

Jika pelarangan tersebut terus berlanjut, Presiden Barcelona, Josep Maria Bartomeu mengancam tidak akan menghadiri pertandingan final tersebut. Bartomeu melakukan hal tersebut sebagai bentuk protes terhadap pemerintah Spanyol yang dianggap sewenang-wenang. Offisial Barca sendiri juga sudah mengajukan banding terhadap pelarangan tersebut.

Melalui pengacaranya, Barcelona sudah mengajukan banding ke pengadilan Madrid mengenai hal tersebut. Dalam statement resmi klub, kubu Barcelona akan berusaha keras untuk melindungi para pendukungnya dalam rangka kebebasan berpendapat dan kebebasan berekspresi.

Bagi pemerintah Spanyol, bendera Catalan yang bernama Estelades dianggap sebagai sebuah bentuk penghinaan kepada kedaulatan Spanyol. Selama ini, bendera Estelades memang kerap diasosiasikan dengan simbol pemberontakan. Sudah lama Catalan ingin keluar dari Spanyol. Hal itulah yang membuat pemerintah Spanyol tidak ingin melihat ada bendera Catalan yang muncul di final Copa Del Rey nanti.