Membuka Aib, Sam Allardyce di Pecat dari Timnas Inggris

Membuka Aib, Sam Allardyce di Pecat dari Timnas Inggris

Membuka Aib, Sam Allardyce di Pecat dari Timnas Inggris

Membuka Aib, Sam Allardyce di Pecat dari Timnas Inggris

Kabar mengejutkan datang dari Inggris. Pelatih timnas Inggris yang baru menjabat selama dua bulan, Sam Allardyce dipecat oleh federasi sepakbola Inggris atau FA pada hari Selasa (27/9/2016) kemarin. Pemecatan tersebut diakibatkan oleh skandal yang melibatkan Sam Allardyce dan reporter yang membicarakan tentang bagaimana menyiasati transfer pemain.

Sebuah media merilis video yang memperlihatkan percakapan yang melibatkan pelatih Inggris, Sam Allardyce dengan reporter yang sedang menyamar. Dalam percakapan tersebut, reporter bertanya tentang bagaimana cara menyiasati proses transfer dengan pihak ketiga. Di video tersebut terlihat bagaimana Sam Allardyce menjelaskan siasat-siasat yang pernah dipakainya dalam proses transfer pemain dari pihak ketiga.

Transfer pemain yang melibatkan pihak ketiga atau third party memang dilarang oleh FA. Munculnya video yang memperlihatkan Sam Allardyce menjelaskan tentang siasat transfer pemain pihak ketiga tersebut membuat heboh publik sepakbola Inggris. Tanpa pikir panjang, FA langsung mengeluarkan surat yang berisi pemberhentian kerja sama atau pemecatan.

“FA telah mengkonfirmasi bahwa Sam Allardyce telah meninggalkan posisinya sebagai pelatih timnas Inggris. Dia mengaku telah membuat kesalahan yang fatal dan telah meminta maaf. Meskipun begitu, karena kesalahan yang diperbuat cukup serius, FA dan Allardyce sepakat untuk memutus kontrak sebagai pelatih timnas Inggris,” ujar pernyataan resmi FA.

Sam Allardyce sendiri baru ditunjuk sebagai pelatih baru timnas Inggris di akhir Juli lalu untuk menggantikan Roy Hodgson usai perhelatan Euro 2016. Big Sam menandatangani kontrak berdurasi 2 tahun dengan The Three Lions. Akibat skandal memalukan ini, Sam Allardyce hanya memimpin timnas Inggris dengan durasi waktu yang sangat singkat, tepatnya 67 hari saja.

FA pun akan bergerak cepat dalam mencari pengganti Sam Allardyce. Sudah ada beberapa nama kandidat yang akan disiapkan untuk menjadi suksesor Allardyce. Ada nama Alan Pardew, Ian Howe, Claudio Ranieri hingga pelatih Arsenal Arsene Wenger.

Para petinggi FA akan lebih berhati-hati dalam memilih pengganti Sam Allardyce. Otoritas tertinggi sepakbola Inggris tersebut tentu tak ingin peristiwa memalukan yang dialami oleh Sam Allardyce kembali terulang oleh pelatih baru mendatang.