Arsenal Bidik Gelandang Subur Dortmund

Arsenal Bidik Gelandang Subur Dortmund

Henrikh Mkhitaryan

Gelandang Borussia Dortmund asal Armenia, Henrikh Mkhitaryan menjadi target utama Arsenal pada bursa transfer musim panas nanti. Mkhitaryan yang sudah 3 musim membela Dortmund dianggap sebagai pemain yang tepat untuk mengisi pos lini tengah The Gunners.

Kebutuhan pemain lini tengah Arsenal memang cukup mendesak. Di akhir musim nanti beberapa gelandang Arsenal akan hengkang karena masa kontraknya habis, diantaranya Thomas Rosicky, Mikel Arteta dan Matheiu Flamini. Untuk itulah Arsene Wenger membutuhkan suntikan darah baru di lini tengah.

Mkhitaryan dianggap sebagai pilihan tepat karena memiliki kemampuan bermain di beberapa posisi sekaligus. Di Dortmund era Juergen Klopp, Mkhitaryan kerap dipasang sebagai gelandang serang di belakang penyerang utama. Namun, di era Tuscel, Mkhitaryan bisa bermain di beberapa posisi seperti penyerang sayap maupun False Nine.

Untuk Mkhitaryan, ini bukan pertama kalinya ada klub Premier League yang tertarik dengan dirinya. Sebelumnya, pemain 27 tahun ini juga sempat dilirik oleh Liverpool dan Tottenham Hotspurs. Namun, Dortmund tak mau melepaskan begitu saja pemain andalannya tersebut.

Penampilan Mkhitaryan bersama Dortmund di Bundesliga memang cukup fenomenal. Tiga musim bermain di Signal Iduna Park, Mkhitaryan sukses menggantikan peran Mario Gotze sebagai gelandang tengah andalah Die Borussien. Tak hanya itu, Mkhitaryan juga menjadi mesin gol alternatif jika para penyerang Dortmund sedang mandul.

Musim ini pemain timnas Armenia tersebut sudah membukukan 10 gol di ajang Bundesliga. Torehan tersebut merupakan torehan terbaik Mkhitaryan selama berada di Dortmund. Catatan golnya tersebut masih bisa bertambah karena Bundesliga masih menyisakan beberapa pertandingan.

Dortmund sendiri tak akan mengalami masalah besar jika Mkhitaryan benar-benar akan angkat kaki dari Signal Iduna Park. Dortmund mempunyai stok gelandang kreatif yang cukup berlimpah, mulai dari Shinji Kagawa, Nuri Sahin, Julian Weigl, Sven Bender hingga Ilkay GUndogan.

Mkhitaryan didatangkan Dortmund dari Shaktar Donetsk dengan banderol 23 juta Euro. Dortmund membeli Mkhitaryan untuk menggantikan peran Mario Gotze yang hengkang ke klub rival, Bayern Munchen. Jika Arsenal berniat mendatangkan Mkhitaryan ke London, The Gunners harus mengeluarkan dana lebih dari 30 juta Euro.